Tuesday 3 March 2015

MARTABAK MANIS KILAT (15 MENIT)


Sesuai judulnya, resep martabak yang aku share kali ini bener-bener kilat....tapi pasti ada pertanyaan mau ngga enak? mau ngga bersarang? rasanya legit ngga? tenang semua pertanyaan jawabannya IYA.....

Martabak merupakan snack favorit di keluargaku, abang yang jualan martabak keluarnya sore-sore menjelang malem....kan serem juga kalo terus-terusan makan martabak di malam hari, selain itu harga martabak ini tergolong mahal dengan topping kesukaan keluargaku yaitu keju coklat kumplit, kalo beli ga cukup satu, tapi 2, makanya aku berpikir kalo lama-lama begini bisa bangkrut toh.....

Penasaran banget bisa bikin martabak, karena bisa ngisiin topping yang melimpah....dari dulu entah berapa resep yang aku udah coba, dari yang pake ragi ampe yang ngga pake ragi, semuanya jadi cuman teksturnya aku belom sesuai selera....aku sukanya martabak yang bersarang dan agak kenyal....

Kalo resep yang pakai ragi menghasilkan martabak yang empuk seperti tekstur bolu, keluargaku kurang suka, nah aku baca-baca di dunmay, martabak bangka yang terkenal ga pakai ragi, jadi aku terus nyoba-nyoba resep yang tidak pakai ragi, dari yang adonannya aku istirahatkan 5 jam, bahkan pernah aku diemin semaleman, hasilnya malah adonan cepet banget gosongnya......tapi aku juga ga tau, apa karena aku pakai teflon ya bukan cetakan martabak, karena liat di supermarket harga cetakannya lumayan mahal, jadi sayang......

Kembali ke resep

MARTABAK KILAT (untuk 1 loyang uk teflon 18cm)
ala Saras

Bahan :
125 gr terigu
1 sdm maizena
50 gr gula halus
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili
1 telur
1 sdt soda kue
 air kurang lebih 150 ml

2 sdm gula pasir untuk taburan
butter untuk olesan
topping sesuai selera, kalo aku pakai parutan keju dan parutan coklat blok dan susu kental manis

Cara :
* Panaskan teflon/wajan yang akan digunakan (jangan diisi minyak)
* Campur semua bahan (kecuali soda kue) dengan whisker, tuangi air sedikit demi sedikit aduk rata, hingga tidak ada yang bergerindil. Terakhir masukkan soda kue aduk rata, lalu tuang adonan ke teflon, biarkan jangan ditutup, pakai api kecil.


*Jika sudah terlihat lubang-lubang yang sangat banyak pada adonan taburi atasnya dengan gula pasir, lalu tutup teflonnya, biarkan hingga matang.
* Jika sudah matang keluarkan dari loyang, olesi butter, tambahkan topping sesuai selera.



Aku hitung dari aku aduk bahan hingga matang cuma ngabisin waktu 15 menit, sampe-sampe kakak bilang kok cepet banget bikin cake nya enak lagi.....malah misua bilang gini " kok tumben siang-siang ada yang jual martabak" hehehe....jadi resep andalan nih.....
Ada tangan kecil yang uda ga tahan untuk nyomot kuenya.....katanya kelamaan uda ga tahan mah...pengen maem kuenya.....

No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...