Monday 2 March 2015

SATE LILIT KHAS BALI (enak banget)

 
Sate lilit ini udah seperti menu wajib di tempat-tempat makan terkenal di Bali khususnya yang menyajikan masakan khas Bali ya....tiap ada hajatan misalkan Kawinan, Potong gigi, atau apapun biasa juga jadi salah satu hidangan suguhan untuk para tamu....abisnya enak, lembut ga cukup kalo makan cuma setusuk....

Nah teman-teman ga perlu keBali kalo mau nyicipin sate lilit ini, buatnya gampang banget.....apalagi kalo ada Food processor.....ehmmmm sate nikmat sekejap didepan mata...trus bisa puas maemnya....kalo adonannya sisa bisa disimpan di freezer, kalo aku, aku lilit dulu di tangkainya trus baru masukin freezer jadi kalo mau pakai biarkan dulu suhu ruang panggang deh...

Kalo untuk bumbu ini aku ramu sendiri sampai nemu citarasa khas yang aku pengenin....kadang kalo beli bumbunya kerasa tajam banget....anak-anak pada cepet batuk kalo makannya....

SATE LILIT KHAS BALI
ala Saras

Bahan:
300 gr (ikan/ayam) kali ini aku pakai ayam ( lebih bagus pakai daging pahanya)
20 gr Kelapa parut (muda banget tapi masih bisa diparut)
3 lbr daun jeruk (buang tulang daunnya lalu iris super halus)
Tangkai sate yang lebar (bisa juga pakai batang sereh)
Minyak untuk menumis

Bumbu halus:
2 Cabe besar
5 Bawang Merah
4 Siung Bawang putih
1 cm Kunyit
1 cm Jahe
2 cm Kencur
4 cm Lengkuas
garam secukupnya
75 gr Gula merah

Bumbu Cemplung:
2 Daun Salam
1 Batang serai geprek
2 Daun jeruk

Cara:
1. Bumbu Halus ya sudah tentu dihauluskan (aku pake blender) lalu ditumis (pake minya dikit aja) pake api sedang aja biar ga cepet gosong, masukkan semua bumbu cemplung, masak hingga harum, bumbu ini terasa manis ya, karena nantinya nyampur ama dagingnya biar amis dagingnya ilang.....
2. Lumatkan daging dan kelapa parut dengan food processor, hingga halus, kemudian campur dengan daun jeruk yang sudah diiris halus.
3. Campur adonan daging  dan bumbu, lalu tes adonan dengan digoreng dikit aja (garamnya sudah pas ataukah belum). setelah dirasa pas lilitkan adonan di tangkai sate, lalu panggang (aku bakarnya pakai double pan atau teflon), Tentunya lebih sehat ya daripada dibakar di atas arang, karena karbon monoksidanya bisa nyangkut di sate kan serem kalo dimakan, bisa jadi pemicu kanker....


Maaf kalo gambarnya seadanya, karena fotonya pake kamera digital, karena aku kurang begitu mengerti foodphotography, tapi ini hasil jepretan masakan sendiri dari pada ambil gambar orang toh.....hehehe....








No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...