Thursday 5 February 2015

My first Ombre Cake

Hari ini adalah hari ulang tahun salah satu keponakan dari 6 orang keponakan yang aku punya.....
sebut saja dia Bunga (panggilannya emang bunga) , hehehe...kaya yang di tipi-tipi ya.....yang diberita kriminal biasanya....yang jadi korban.......kekeke....peace Bunga

nah ni anak minta kue apa aja boleh, yang penting rasanya ngeju.....
nah berhubung kemaren sempet nonton videonya bang Yusuf (oalah....Youtube maksudnye ntar dikemplang mixer ama yang punya) tentang decor ruffle....coba2 ceritanya ngeruffle....

base cakenya aku pake cake dengan metode all in one supaya lembut, resepnya aku ambil dari resep puding madona di sini nah untuk resepnya saya tulis ulang ya:

OMBRE CAKE ( 2 loyang kotak 20x20x3)
modif by Saras

Cake :
4 telur utuh
4 kuning telur
125 gr terigu ( saya pakai 100 gr terigu 25 gr susu bubuk)
150 gr gula halus
14 gr emulsifier (saya pakai ovalet)
110 gr margarin, dicairkan

Cara:
Campur semua bahan jadi satu kecuali margarin cair, kocok semuanya dengan kecepatan tinggi (kalau pakai hand mixer bisa 10-15 menit) sampai putih dan kental (kalu mixernya diangkat adonannya tidak langsung jatuh), kalau sudah seperti itu bagi jadi dua kasi warna agar tone nya berbeda, dari yang muda ampe warnanya yang lebih tua....

cake yang aku buat butuh 2 kali resep ini karena oven dirumah kecil jadi harus buat 2 layer dulu....karena resep ini jadinya hanya 2 layer.....
untuk frostingnya aku pake resepnya mba ricke karna uda cocok banget ama rasanya

Cream Cheese Frosting
ala Ricke modified by saras
250 gr cream cheese
100 gr butter (aku pakai mentega putih butternya abis)
500 ml dairy whipcream (200gr whip bubuk + 400 ml air es)
aku tambahin 150 gr gula halus

Simple Syrup
Simple sirup ini aku buat dengan perbandingan 1:3 jadi gulanga 100 gr direbus dengan air 300 ml sampai gulanya luruh semuanya, kalau sisa ndak apa-apa tambahin jeruk nipis dan pipet lalu srutt...srut...seger...(oalah dah ngaco nih kemana...mana....)

setiap lapisan diolesin simple sirup dulu sebelum dilapis frostingnya agar kuenya lebih moist, kalau aku nyusunnya dari yang yone warnanya tua paling bawah makin ke atas tonenya makin muda....

agak melenyot rufflenya, karena baru belakangan tau kalau frosting cream cheese cocoknya untuk lapisan ataupun ngelapisin cake , bukan untuk dekor, kalau untuk decor tetep pakai buttercream kali ya biar kokoh....kebayang kan pas dekornya harus buka tutup kulkas karena frostingnya mulai ngelenyot.....

maaf upload fotonya guma atu, internya lelet bin lemot.......ga sabaran.......lainkali tak aplodh deh (wuih alay every where)....



No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...