Sunday 22 February 2015

Steam Batik Roll Cake/ Bolu Gulung Batik Kukus

Di Bali ini terus terang sulit mendapatkan peralatan baking yang lengkap, toko TBK pun terbatas, di Denpasar ada UD FENNY, dan di Cargo ada satu, untuk yang jual loyang-loyangngan, Nah waktu ini iseng ajak misua jalan-jalan ama anak-anak, aku minta diturunkan aja di UD Fenny trus misua ajak anak-anak main, eh liat ada klakat idam-idaman, dulu aku hampir aja beli klakat kirim dari jakarta, tapi ga jadi sapa tau aja ada diBali, biar liat langsung barangnya....langsung ambil deh, maunya ambil yang ukuran 30x30, eh kata dagangnya nanggung "ambil yang ukuran 40x40 aja buk, kan nantinya loyang 30 bisa masuk", bener juga katanye harganya juga beda 50 rebu aja, ya udah aku ambil yang ukuran 40,


wuihh....senengnya bukan main, lebih seneng punya klakat dari pada hp baru.....
sampe rumah, langsung bingung mau coba resep yang mana...ya.....pokoknya harus yang kukus-mengukus sambil mencoba kesaktian ini klakat, setelah blog walking...akhirnya pilihan jatuh ke Bolu Gulungnya Mba Nina makasih ya mba nina, banyak resep mba nina yang uda aku praktekan dan emang enyak-enyak.....

Nah ini resep yang aku pakai, aku liat di blog mba Nina, tapi katanya beliau pakai resepnya mba Bezta Arlita, ada yang kuubah juga dikit-dikit sesuai selera...

Bolu Gulung Batik Kukus
Bahan
7 Telur
210 gr Terigu ( aku pakai 5 gr maizena + 5 gr susu bubuk + 200 gr terigu)
1 sdm emulsifier (aku pakai ovalet)
1 sdt Vanilla
1 sdm Baking Powder
210 gr Gula (aku pakai 200 gr)
100 ml susu cair ( aku pakai 50 ml SKM tuang air hangat kuku sampai 100ml)

Cara:
1. Campur dan ayak terigu, maizena, Baking powder dan susu bubuk, sisihkan.
2. Kocok telu dan gula hingga gulanya larut tidak bergerindil ya....lalu masukkan emulsifier, kocok lagi dengan kecepatan tinggi, kalo sudah kental, putih dan berjejak artinya adonan sudah siap.
3. Masukkan campuran terigu tadi ke adonan sambil diayak, aduk balik pakai solet kayu
4. Terakhir masukkan susu cair aduk balik lagi hingga rata.
5. Kalo mau di batik warnai sesuka selera , lalu masukkan ke piping bag, Nah loyangnya dialasi kertas kue, dlulu aku pernah ga di oles margarin tapi motifnya lengket di kertasnya, jadi yang sekarang aku oles tipis aja, jangan tebal karena margarin sifatnya membuat adonan cair, ntar motifnya beluber.....setelah dibuat motif kukus 2 menit aja sekedar set aja, lalu tuang adonannya lalu kukus sekitar 15 menit, pakai api sedang aja, jangan dibuka-buka tutup klakatnya.....


Hasilnya Lumayan bagus, tapi aku kurang hentakin loyangnya, jadinya masih ada lubang-lubang yang terlihat, kalo dibuat rainbow hasilnya bisa lebih mulus karena yang jadi kulit bagian atas kue, kalo yang di batik, yang jadi kulit bagian bawah kue.Ini aku buat motif Rang-Rang tapi kurang rapi ya......soale disini lagi ngetop-ngetopnya Kain Endek Rang-Rang jadi Cake pun bisa ikut tren.....
Rasanya lembut banget, cuma ini aku potong masih panas-panas...biasa...ga sabaran... hehehe....
tapi teksturnya agak rapuh bagiku, mungkin karena penambahan maizena dan susu bubuk, besok-besok aku mau cobain pake terigu aja, biar teksturnya lebih set....

1 resep diata jadi 2 loyang 30x30, tapi aku pakai loyang 30x26 soalnya aku seneng aja liat bolu gulung yang montok...bohay gitu....xixixixixi......ini yang satunya aku tambahin pasta black forest, maunya buat polkadot, tapi pas dikukus dot-dotnya membesar...


No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...