Sunday 22 February 2015

The Best Pizza Ever I've Made (pizza dengan hand mixer)

Pizza ini makanan favorit keluarga aku, dulu semasih gadis.....ibuk, bapak, adikku suka banget ama pizza, mereka bisa dibilang pizza holic, tapi pizzanya juga ga sembarangan......
Biasanya kita sekeluarga belinya, di pizza hut, pepperoni (ini pizzanya tipis), klo selai itu ga mau katanya kurang mantep.....
Nah sekarang aku sudah bisa lah ya buat pizza, yang penting kan dough nya, sering banget aku nyoba-nyoba resep pizza, dari yang no knead sampe yang knead, tapi usaha tidak berbohong memang lebih enak yang knead.....tapi tenang ibu-ibu, sodara-sodara, dulu aku berat banget rasanya mau ulen-ulen gitu, mau gampang mixer heavy duty aku ga punya, prosopal beli mixer heavy duty masih belum di ACC misua....

Akhirnya aku pakai handmixer, tutorialnya aku lihat di youtub, eh ternyata benar adonan kalis walopun tidak secepat pakai mixer yg gede.....jadi air hangat adonan aku ganti pakai air dingin biar mixer ga cepat panas ternyata mixernya sehat-sehat saja sampai sekarang, aku pakai mixer sejuta umat yaitu mixer phillip.

Dari dulu aku tau, entah berapa kali aku pakai, untuk ulen adonan, entah donat, pizza dan bakpao, tapi aku tidak rekomendasikan untuk roti, kalo untuk roti perlu diuleni lagi pakai tangan....

Kembali lagi ke mixer....eh salah....ke Pizza, setelah mengenal blog mba ricke akhirnya nemu resep dough pizza yang pas sesuai selera keluargaku, dan ponakan-ponakanku, karena di keluarga suami ga ada yang suka pizza, misua, anak-anak pada ga suka pizza, untung ada ponakan jadi bisa diajak makan bareng, kan berabe kalo ngabisin sendiri....

ini aku tulis lagi resepnya, kalo doughnya aku ubah dikit karena pakai hand mixer itu, saus dan toppingnya sesuai selera....

Pizza Meat Lover with White Sauce (ukuran 1 loyang 30, atau kotak 30x30)
Bahan
100 ml air dingin (bukan air es)
5 gr ragi instan (1,5 sdt) (larutkan dengan 50ml air hangat tunggu sampai berbusa kira-kira 10 menit)
1/2 sdt gula pasir
250 gr Terigu Cakra
1/4 sdt Garam
1,5 sdm minyak sayur/minyak goreng

Cara :
1. Mixer terigu, larutan ragi dan air dingin, hingga tercampur rata, masukkan garam, mixer lagi sampai kalis.
2. masukkan minya goreng, mixer lagi hingga kalis elastis (tidak lengket di baskom, baskomnya jadi bersih)
3. Istirahatkan adonan, masukkan ke wadah yang lebih besar tutup pakai wrap....masukkan ke kulkas.
4. Setelah sekitar 1 jam adonan akan mengembang 2 kali lipat, kempeskan adonan, istirahatkan lagi, masih tetap disimpan di kulkas.

Kalo aku adonan aku istirahatkan sampe semalem, jadi aku buat doughnya sore, besok siang aku buat pizzanya, jadi setiap tengok ke kulkas kalo sudah mengembang banget aku kempeskan, aku istirahatkan lagi. hasilnya mantap.....malah lebih enak dari punya pizza hat......

Kalo mau dipake doughnya di kempeskan dulu trus ditata di loyang yang sudah dioles tipis margari.

Bahan Saus Merah (1 pizza)
1/4 kg tomat (kupas kulitnya, potong-potong rebus dengan air yang tidak terlalu banyak, setelah lunak blender)
4 sdm saus tomat botolan
2 siung bawang putih chop dan cincang
1/2 bawang bombay cincang
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Gula pasir (ini penting untuk menetralkan rasa asam tomat)
Italian Herbs (Basil dan oregano) ini penting banget aroma pizza aslinya keluar dari bumbu kering ini....diisiin sejumput-sejumput aja, jangan over.

Cara:

1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan tomat blender, saus tomat dan sisa bumbu lainnya, godok terus hingga aromanya keluar, cicipi kalo dirasa sudah pas dan sudah kental saus siap digunakan

Topping Pizza
Potongan daging ayam (ditumis bentar dengan sedikit mentega, isi garam dikit, hanya sampai putih saja)
Sosis potong-potong
Paprika potong-potong
Kentang goreng kotak-kotak kecil (enak banget jadiin topping pizza)
Jagung manis pipil
Keju Cheddar
Keju mozarella

Saus Putih / Bechamel saus
30 gr Margarin
2 sdm terigu mujung (pakai terigu kunci atau segitiga jangan pakai cakra)
150 ml susu cair (aku pakai susunya adik, susu cilkid aku campur air hangat)
Garam, merica, gula, italian herbs
100 gr parutan keju cheddar (bila ingin lebih ngeju bisa ditambah)

Cara:
Cairkan margarin dengan api kecil ya, lalu masukkan terigu terus diaduk dengan whisker, setelah rata masukkan susu cair sedikit demi sedikit, aduk terus hingga tidak ada yang bergerindil, terakhir masukkan garam, merica, gula pasir, italian herbs, terakhir parutan keju, terus aduk hingga kental.

Saus putih ini disiram diatas toping daging dan yang lainnya, paling terakhir diisi parutan mozarella......hmmmmm.yummy bgt dah....
 Ini pizza, yang tidak isi white sauce karena ini pesanan dadakan, yang dibawah ini yang pake white sauce trus atasnya diparutin keju mozarella wuih poko'e endang bambang gulindang deh....

 Ini beberapa pesanan yang sempat terdokumentasi, pas moto pake tab lagi bukan pake kamera, karena selalu keburu-buru udah mau di ambil....
 kalo pas sibuk begini, aku punya asisten setia, tu bisa dilihat kan tangan kecilnya selalu gesit dan siap membantu mamahnya untuk mencari rejeki.....that is my daughter, i'm proud of you.....

Seneng banget, besoknya aku di line ama yang pesen, pada rebutan katanya, sampe-sampe banus yang aku kasi ke dia juga dibagi.......astungkara ya tuhan semoga terus lancar.....

 Ini sebenarnya pesenanya 8 loyang Large 4 loyang medium, karena pesannya banyak aku kasi bonus 1 small untuk yang promosi, kalo sodara-sodara tidak sempat buatnya......ayo silahkan ordernya dibuka....kalo pesen banyak bisa dianter dengan biaya anter ga mahal kok.....






No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...