Saturday 21 February 2015

Base Cake Cokelat, Sponge Cake

Waduh sudah lama rasanya tidak berkunjung ke blog ini, padahal sudah banyak banget poto yang mengantri di kamera, tapi sayang waktu untuk duduk-duduk di depan laptop tidak ada..... yah...beginilah balada ditinggal assisten rumah tangga....jadi semua kerjaan mamah yang kerjakan....

Nah kemarin dapat pesanan mendadak untuk cake tart ultah, pesanannya Choco mint, yang satu uk.22, yang satunya uk.15, dua-duanya choco mint....nah paginya abis nganter kaka sekolah langsung keliling ke TBK nyari perisa Choco mint, ternyata cuma ada di TBK Fenny, di denpasar.....

Jam 11 langsung pulang, Sampe Gianyar jam 12, langsung jemput kaka, dirumah langsung buat Sponge cake dulu, Pertamanya bingung juga sih mau pake resep base coklat cake nya yang mana....coba yang tipe sponge aja deh...tertarik sama resep Sponge nya Yongki yang 15 kuning telur.....karena menurutku bahan itu ga bisa bohong....kalo kuning telurnya banyak cakenya pasti lembut dan moist, walopun sponge tidak akan seret di tenggorokan


Ini aku ulang catet resep
Sponge Cake Ala Yongki (15 Kutel)
Resep ini untuk 
3 loyang bulat 25x4
3 loyang kotak 30x30x2
3 loyang kotak 22x22x4

Bahan A:
15 Kuning Telur
7 Putih telur
200 gr Gula Castor (Aku pakai gula pasir 175 gr)
100 gr Terigu (Aku pakai Kunci Biru)
25 gr Coklat bubuk (Kalo buat yang Vanila ganti terigu 25gr)
15 gr Susu bubuk
25 gr Maizena (Kalo buat yang Vanila ganti maizena ini 25 gr terigu)
15 gr Emulsifier ( aku pakai ovalet)
(aku pakai tambahan 1 sdm Pasta Dark Chocolate karena cokelat bubuk yang aku pakai kurang pekat )

Bahan B:
100 gr Mentega
50 gr Margarin
kedua bahan ini dilelehkan, jangan sampai bening melelehkannya, kalau sebagian sudah cair tinggal digoyang-goyang yang lainya agar cair juga, (aku pakai semuanya margarin).

Cara:
1. Kocok Telur dan gula hingga mengembang dengan kecepatan tinggi ya, jika pakai gula pasir pastikan gulanya sudah larut di adonan, baru ditambahkan emulsifier kocok lagi hingga putih dan benar-benar kental. kalo kaki mixer diangkat adonan tidak langsung jatuh mengalir tapi ada jejaknya.
2. Masukkan Terigu, Susu bubuk, Maizena, coklat bubuk dengan cara diayak di atas adonan, ayak dulu sebagian lalu aduk bentar dengan solet kayu, ayak sisa tepung lalu aduk bentar, tambahkan pasta coklat 1 sdm Pasta coklat, aduk lagi bentar, jangan over mengaduknya. ( mengaduk adonan pakai teknik aduk balik ya supaya udara yang terperangkap tidak keluar semua ntar cake nya jadi bantat)

3. Tuang adonan B ke adonan A, aduk balik lagi supaya mentega cairnya tidak kumpul di dasar adonan, ntar cakenya bantat bagian bawahnya.


( Kalo adonan diaduk bagian bawahnya sudah tidak ada sisa margarin yang mengendap...)
4. Tuang ke loyang, lalu panggang, besar api sesuai oven masing-masing ya...
(kalo mau bikin 3 layer, sebaiknya di oven jadi 3 loyang, jadi per layer 1 loyang, karena aku perlunya cuma 2 layer jadi aku oven jadi 1 loyang aja)
* Saya buat Setengah resep untuk loyang 20 cm (jadi 2 layer)
* dan 1/4 resep untuk loyang 16 cm (jadi 2 layer)
Setelah matang, langsung keluarkan cake dari cetakan dinginkan diatas kawat pendingin, cake yang aku buat ini grade matengnya uda agak kelewatan, pas mau mateng eh....ada tamu dateng...ga ada orang dirumah selain aku....jadi ajak basa-basi bentar...lupa deh lg panggang kue....baru tercium aroma kue baru sadar kalo lagi panggang kue...makanya cakenya agak turun dikit lagi.....kalo pas matengnya pastinya ga turun.
tapi resepnya emang top markotop deh....2 jempol....lembut moist n nyoklat.....




No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...