Monday 8 August 2016

AYAM GORENG KALASAN (SIMPLE TAPI MANTAP BANGET!)

Ayam goreng ini merupakan salah satu menu favorit keluarga, karena rasanya yang agak-agak manis membuat anak-anak ku suka makan ini, walupun tanpa sayur, hanya dengan nasi panas aja dijamin merek makannya banyak.....


Resep aslinya aku lupa dapet dari web mana....sudah lama banget, yang aku pakai ini udah banyak aku gubah sesuai selera keluarga....sapa tau aja diantara pembaca ada yg cucok seleranya dengan resep ini.... ya....khan.....

Pernah juga aku ngebandingin buat bumbu sendiri dengan bumbu ayam kalasan insta merek Kobe, rasanya hampir sama kok...malah yang buat sendiri warnanya jadi lebih cantik, kalo yang bumbu instan lebih pucat..... Biasanya kalo aku buat 1 kg ayam aku potongin jadi 10 bagian.

Ayam Kalasan (Ala Saras) (untuk ayam 2 kg)

Bumbu Halus :
1 bonggol bawang putih (yang ukuran agak gede)
5 biji bawang merah
4 cm jahe
4 biji kemiri yang sudah digoreng
1 sdt ketumbar
1/2 sachet merica bubuk
1 ruas telunjuk kunyit (aku pakenya yang tua karena suka ayam yg warnanya agak pekat)

Bumbu Cemplung (tinggal di cemplung aja ke pancinya)
2 btg sereh (geprek)
lengkuas sebesar 3 ruas ibu jari (dibersihin lalu digeprek)
3 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
50 gr gula merah/gula jawa/gula bali
1 sdm asam jawa
santan 200ml (aku pakenya santan instan
1 sdm garam
1 sdt kaldu bubuk (optional, biasanya aku pake garlic powder/ garlic salt)

Buatnya gampang banget pemirsah.....
Ayamnya dicuci masukin ke panci, isi air (kalo dapet air kelapa lebih bagus lagi) sampai ayamnya terendam seluruhnya, masukin bumbu halusnya (aku blender, kalo ketumbarnya aku geprek2 aja), trus bumbu cemplungnya, masak deh,
Kalo mau ayamnya masih bertekstur masak dengan api besar kurang lebih 20-30 menit
Kalo mau ayamnya yang bila diambil dagingnya langsung pisah ama tulangnya masak pake api kecil (kecil banget) kurang lebih 1-1,5 jam
Nanti pas gorengnya jangan lama-lama, karena ayam mengandung gula ntar gosong....

NB: aku biasanya tambahin ati ayam juga (sueerr ini enak banget), kalo ayam uda mateng, air sisa rebusan ayam bisa dipake ngerebus tahu ama tempe.....ehhmmmmm lazis deh pokoknya... tinggal temenin sambel terasi mentah atau terasi mateng nyam...nyam...nyam....nyam....





No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...