Tuesday 9 August 2016

PIE SUSU / EGG TART (ala BALI)

Kue ini sering-sering banget aku buat, tapi entah kenapa tiap buat selalu lupa didokumentasikan....
setiap hari raya pasti ini kue ga pernah ketinggalan (kalo aku di bali hari raya itu sering banget kalo diitung2 bisa sebulan sekali bahkan bisa sebulan 2 kali), makanya kalo bikin resepnya udah ampe hapal diluar kepala....buatnya cepet, biasanya anak-anak pada ikut pas ngecetaknya, cuma ada satu kelemahannya.......cuci cetakannya harus satu2....lama bokkkk....

Dulu pernah beli pie susu disini....yang asli pionirnya pie susu oleh2 bali, kalo menurut pendapatku sih kurang ya....maka dari itu dulu kalo aku ditawarin pie susu bilangnya ga suka....ya karena itu kesan pertama pada pie susu yang aku rasain kurang pas aja di lidah.....

Nah pas seneng-senengnya ngebaking (waktu itu hampir tiap hari nyobain resepnya Ordinary kitchen), liat deh...di webnya Mba Ricke resep egg tart/pie susu nya..dari fotonya aja uda bikin ngecesss abissss.....liat bahannya sederhana .....coba deh eksekusi.....trus bagikan ke seluruh keluargaEhhh......semuanya bilang enak (makasi Mba Ricke banyak resep anda yg menjadi andalan aku disini), cuman aku bilang ala bali karena bentuknya aku bikin menyerupai pie susu yang dijual untuk oleh2, padahal cetakan pie susu yg kayak mba Ricke itu aku punya banyak, tapi berhubung anak-anak mintanya biar pie susunya tipis2 jadi beli lagi deh cetakannya......



PIE SUSU / EEG TART

Bahan kulit/crust:

300 gram margarin/butter (kalo pake butter lebih harum, kalo pake butter aku pilih yang unsalted, tapi biasanya aku campur perbandingan 1:1)
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan. 
NB : sebisa mungkin jangan ngulenin nya pake tangan ya, karena suhu tangan berpengaruh ke adonan, ntar kulitnya jadi keras, ngga lembut.....

Bahan filling:
300 ml susu kental manis (kurang lebih 1 kaleng, aku sukanya pake merek frisian flag kalo pake yang lain biasanya kemanisan)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gram tepung custard
1-2 sdt vanilla susu

Cara membuat:
Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring.Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning.Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.

NB : kalo pie susu bali saat terakhir sudah matang, panggang sebentar lagi dengan api atas agar fla nya sampai benar2 set/agak kering/ada lubang2nya, kalo sampai kayak gini pie susu akan lebih bertahan lama di suhu ruangan, Kalo pake Oven tangkring saat terakhir pindahin loyang ke bagian paling atas oven. 
Kalo punyaku ini ga sampai berlubang, karena buatnya dikit pasti cepet abisnya, kalo aku buat banyak baru aku panggang sampai menimbulkan lubang2.....


No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...