Wednesday 10 August 2016

BOLU KUKUS GULA MERAH

Ini kue sudah aku buat sekitar 2 minggu yang lalu,
Waktu itu aku lagi pengen banget makan ini kue.....bahan-bahan uda lengkap tapi kertas rotinya malah aky ga punya..... ya jadilah aku tuang ke cetakan bungan trus dikukus deh....
Dari rasa ya sama aja lah ya.... tetep yummy.............




BOLU KUKUS GULA MERAH
Source : Vivi liong

Bahan:
- Telur ayam 2 butir
- Gula pasir 100 gram
- Soda kue 1 sendok teh (aku skip jarena emang buat ga merekah)
- Baking powder 1/2 sendok teh
- Gula palem 400 gram, rebus dengan 400 ml air hingga gula larut,
angkat dan saring (aku pakenya gula jawa)
- Tepung terigu protein sedang 500 gram
- Minyak sayur/jagung 250 ml

Cara Membuat:
1. Kocok telur bersama gula pasir, soda kue dan baking powder hingga
lembut dan mengembang.
2. Masukkan satu persatu, sirup gula merah, lalu tepung terigu dan
minyak goreng, sambil diaduk hingga adonan tercampur rata (aduknya pake sendok kayu, atau kalo pake mixer yang kecepatan rendah dan jangan terlalu lama, biar adonan ga encer).

3. Tuang adonan ke cetakan(dioles mentega tipis aja),karena adonannya nanti agak mengembang
ngisinya jangan penuh banget. aku pake cetakan plastik yang bentuk bunga.
4. Kukus ke dalam kukusan yang sudah mendidih, kalo pakai panci biasa , tutup pancinya dibungkus serbet bersih biar uap airnya ga netes ke kue, kalo pake kelakat ya tidak perlu, kukus selama 20-25 menit, sebelum itu tutup jangan dibuka-buka, Kalo sudah matang angkat dan dinginkan
5. Sajikan deh......

 aku sukanya pake gula merah yg agak gelap warnanya.....rasanya bagi aku itu aren banget, pas buat kue pake seadanya yang ada di dapur....ada gula merah yg warnanya kuning yang biasa pake di sambel....ya pake itu aja

Sekali lagi maaf ya man teman, step bystepnya ga bisa di aplod karena kerjanya sendiri dan dikejar waktu, kalo pas kerja isi foto tar hapenya bisa nyemplung ke adonan.......
Makanannya juga tak foto pakai HP, soalnya aku ga ahli pake kamera...... kalo pun pake kamera aku liat sama juga hasilnya aku foto pake HP makanya aku pake HP aja biar cepet....balada emak rempong dengan 3 anak2 yg masil kecil.......
 Dan resep resep yang aku share ini aku uda coba dan berhasil......dan rasanya pun enak..... kalo yang belum berhasil aku skip dulu mungkin aja aku ada yang salah......


No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...