Sunday 7 August 2016

KIMBAP AKA GIMBAP ALIAS NASI GULUNG KOREA

Kimbap ini sudah sering kali aku buat, seringnya untuk bekal anakku yg sudah sekolah SD, karena disekolahnya tidak ada kantin (pagi dapat snack dan jam 11 makan siang), nah berhubung yg namanya anak ga bisa diem jadi saat istirahat ke 2 dia bilang laper lagi, jadi guru-gurunya menyaran kan untuk dibawakan bekal aja.

Nah dia bilang " mama buatin nasi yg digulung dong biar kayak korea, aku jawab quinbi tau dari mana? dari yutubnya Maangchi, ya ampun demam yutub telah melanda dimana2....

Yang aku buat sih bukan asli 100% kimbab korea sana ya, aku sesuaikan gengan selera anak-anakku.
seperti yang aku tangkap dari menonton yutubnya Maangchi itu, isi dari kimbap tidaklah pakem mereka (orang korea) suka memberi warna pada makanan (full color) agar menggugah selera makan.
Jadi kalo jaman sekarang kimbap bisa dikreasikan apa saja sesuai selera yang penting berwarna...

Nah kali Ini isiannya aku pakai,
-Wortel (dipotong korek api, trus ditumis bawang pih dan garam)
-Brokoli ( cuma dicelup ke air mendidih beberapa detik)
-Telur dadar diiris tipis-tipis memanjang
- sosis (diiris jadi 2 kearah memanjang trus ditumis dengan saus teriyaki)
- kentang goreng ( ini permintaan adiknya yang seneng banget kentang goreng, aku pakai kentang goreng yg sudah siap pakai)

Rumput lautnya atau norinya aku beli di supermarket yang mereknya tulisa korea, satu bungkus isi 10 lembar, dengan harga 27 ribu.


kalau penggulungnya yg dari bambu itu aku beli udah lama di Lotte Mart, dengan harga 24 ribu


-Yang bagian hijau ini yang kita taruh nori diatasnya.....usahakan nasi yang dijejerin diatas norinya yang rata ya...jangan gompal2 atau bolong, biar pas dipotong kelihatan cantik.
 -Nasi yang dipakai jangan nasi panas baru keluar dari rice cooker atau yang baru matang karena kalo nori kena panas norinya jadi lembek. Pas gulung harus pede....dan agak dipadatkan....yah seperti gulung bolu roll tapi ini lebih gampang,
 -Saat mengiris usahakan pakai pisau yang tajam dan olesi sedikit minyak (bisa pake minyak wijen atau minyak canola atau minyak goreng biasa juga boleh.....

Selamat mencoba ya mommy- mommy.....


No comments:

Post a Comment

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...